Selasa, 13 Juni 2017

Review Keyboard Corsair K70 Lux


Dari sekian banyak varian K70 yang diluncurkan Corsair, kali ini kita kedatangan varian K70 lainnya dengan embel-embel Lux dibelakang namanya. Lalu apa bedanya seri Lux kali ini dengan varian sebelumnya?

Salah satu fitur baru yang disematkan Corsair di seri Lux ini adalah kontrol warna dan pencahayaan yang lebih baik. Selain itu Corsair juga menghadirkan keycap dengan desain font baru yang memungkinkan tampilan warna yang lebih jelas. Corsair juga memperbaiki keyboard ini dari sisi elektrikal, satu hal yang paling banyak dikeluhkan pada seri sebelumnya.


Kemasan box pada keyboard K70 Lux ini sangat simpel layak nya box keyboard pada umumnya, di dalam nya kita akan menemukan dus berwarna coklat yang membungkus unit keyboard. Selain keyboard kita juga akan menemukan palm rest yang bisa dilepas pasang, lalu terdapat keycaps tombol tambahan, dengan warna abu-abu dan memiliki contour ketinggian berbeda untuk gamer tipe FPS maupun MOBA. Kemudian ada keycaps puller untuk mencabut keycaps, user guide, dan kartu garansi.


Berbahan aluminium brushed berwarna hitam yang digunakan sebagai kerangka keyboard dibagian atasnya dan bahan plastik solid untuk bagian bawah membuat tampilan Keyboard Corsair K70 Lux ini terlihat kokoh dan garang. Tidak seperti keyboard mekanikal lain yang biasanya menenggelamkan bagian bawah tombolnya, tombol pada K70 berkesan topless sehingga kaki-kaki dari setiap tombol dapat terlihat dengan jelas.



Berbekal kosmetik Led berwarna merah, semakin menambah kesan garang pada Keyboard Corsair K70 Lux. Bertipe full mechanical keyboard, desain dan layout keyboard ini tidak berbeda dari seri K70 yang sebelumnya. Ini bisa kita lihat pada penempatan tombol multimedia, yang dilengkapi volume wheel aluminium terletak di bagian kanan atas keyboard. Lalu disebelah kiri tombol multimedia, terdapat 3 buah LED indicator NumLock, Caps, dan Scroll-lock. 2 buah tombol tambahan kali ini disematkan tepat disisi kiri indicator, yaitu Backlight Brightness Key, berfungsi untuk mengatur intensitas cahaya backlight, dan Windows Key Disable, untuk mematikan fungsi tombol Windows, yang sangat berguna bagi para gamers. Bagian bawah keyboard dilengkapi dengan 4 buah rubber feet untuk mencegah keyboard bergeser dengan mudah, dan juga terdapat 4 buah kaki-kaki peninggi posisi keyboard. Keyboard ini membutuhkan 2 buah konektor USB, yang salah satunya berfungsi untuk mengaktifkan fitur USB port pass through yang terdapat pada bagian belakang keyboard, kabelnya cukup tebal dan sudah di braided untuk menjamin durabilitas maksimal dan mencegah kabel kusut. Di samping USB port juga terdapat BIOS Switch yang berfungsi untuk mengubah polling rate keyboard hingga 1000MHz dan untuk mengubah polling rate ke mode BIOS.


Terdapat pula sebuah palm rest, papan yang biasa ditemukan di bagian bawah keyboard untuk menopang pergelangan tangan ini sangat berguna untuk menunjang kenyamanan. Pada Keyboard Corsair K70 Lux, palm restnya berbentuk bar sepanjang keyboard dengan bahan plastik dibawahnya dan pada bagian atas dilapisi dengan bahan karet yang didesign dengan tekstur lubang-lubang kecil dan terasa sangat halus di kulit pergelangan tangan. Palm Rest ini juga mudah untuk di lepas pasang.


Serupa dengan Led yang berwarna merah, switch yang digunakan pada keyboard ini menggunakan Cherry MX Red. Cherry MX Red ini memiliki karakter Linear non-tactile tanpa bunyi clicky, sangat ringan ketika di tekan, feedback yang cepat dan suara yang tak terlalu berisik. Switch ini memang lebih banyak dipilih untuk aktifitas gaming yang membutuhkan aksi cepat dan responsive dan sangat direkomendasikan untuk kalian yang baru pertama kali menggunakan mechanical keyboard. Namun begitu switch ini bukanlah yang tercepat, karena yang tercepat ada pada Switch Cherry MX Speed yang disematkan Corsair pada varian K70-nya yang lain yaitu K70 Rapidfire. Bukan pula yang tersunyi sebab masih ada Cherry MX Silent yang di sematkan pada Corsair Strafe


Beralih ke performa yang ditawarkan, keyboard ini digunakan beberapa hari untuk berbagai kegiatan baik itu mengetik maupun bermain game. Hal pertama yang patut diperhatikan adalah, Corsair sepertinya sudah memperbaiki sisi teknis terkait housing aluminiumnya yang sering menyetrum tangan pengguna. Pada seri Lux ini sudah tidak dijumpai lagi masalah yang serupa. Melakukan pekerjaan yang cukup serius seperti mengetik misalnya, sangat nyaman berkat karakter switch yang ringan ditekan dan lembut. Tidak pula membuat jari-jari kita merasa cepat lelah walaupun digunakan dalam jangka waktu yang lama karena tidak butuh banyak energi untuk menekan tombolnya. Desain ukuran dan posisi tombol yang nyaman akan memastikan perintah yang kita input akan diterjemahkan dengan sangat baik. Pada game bergenre FPS seperti CS:GO, menggerakkan  karakter kesana kemari mampu direspon dengan sangat baik dan cepat tanpa adanya delay pada perintah yang kita inputkan. Bahkan dengan mengganti keycap WASD yang disediakan di paket penjualannya akan semakin menambah pengalaman bermain menjadi lebih menyenangkan. Keycap dengan warna dan tekstur yang berbeda tersebut akan membuat jari kita selalu tahu dimana tombol WASD berada dengan cepat tanpa harus melihat ke keyboard. Begitu pun saat mencoba game MOBA seperti DOTA 2, melakukan combo skill dengan kombinasi berbagai tombol mampu dieksekusi dengan cepat tanpa ada input yang terlewat. Fitur anti-ghosting yang ada mampu mengeksekusi perintah ketika kita menekan beberapa tombol secara bersamaan, sehingga menghasilkan akurasi yang tepat tanpa ada yang terlewat walau secepat apapun aksi kita bermain game.


Tidak lengkap rasanya jika kita tidak membahas fitur Led yang ada pada keyboard ini. Jika kalian berpikir keyboard yang hanya mengusung warna merah ini berakhir membosankan, maka kalian salah. Walaupun hanya memiliki satu warna saja, pendaran cahaya Led yang juga menerangi celah-celah antar tiap tombolnya terlihat cukup mempesona, apalagi jika kita mencobanya di ruangan yang gelap. Sensasi effect Led yang ditawarkan Keyboard Corsair K70 Lux cukup untuk membuat mata siapa pun yang memandangnya berdecak kagum. Tidak kalah dengan versi RGBnya, keyboard ini juga menyuntikkan beragam effect yang bisa diatur melalui Corsair Utility Engine (CUE) yang bisa kita download di situs resminya. Dari software CUE tersebut kita bisa mengatur beragam effect mulai dari wave, static, visor, hingga ripple, bahkan effect gelombang cahaya dapat diatur sendiri sudutnya, durasi, kecepatan munculnya, hingga kekuatan cahayanya. Kalian masih merasa kurang dengan beragam effect yang diberikan? Maka kita bisa mendownload effect yang dibuat oleh pengguna Keyboard Corsair lainnya yang banyak betebaran di dunia maya. Kemampuannya untuk mereproduksi cahaya yang lebih baik dari versi sebelumnya semakin mengokohkan kesan gaming pada keyboard ini.


Selain mengatur beragam effect dan tata cahaya, Software Corsair Utility Engine (CUE) ini juga bisa mengatur fungsi makro yang bisa kita sematkan di tombol manapun, selain itu kita juga bisa menghidupkan dan mematikan beberapa fungsi shortcut untuk meminimalisir kesalahan menekan tombol saat tengah bermain game. Hanya saja pendukung perangkat lunak ini cukup sulit dipahami tanpa membaca dokumentasinya dengan seksama.


Berbekal Switch Cherry MX Red yang tidak perlu diragukan lagi kemampuannya, Keyboard Corsair K70 Lux mampu menunjukkan performa dan menjalankan tugasnya dengan luar biasa sebagai Mechanical Keyboard Gaming. Yang patut diacungi jempol adalah perbaikan dari sisi elektrikal yang dilakukan oleh Corsair. Sehingga kita tidak perlu khawatir lagi akan tersetrum ketika akan menggunakan keyboard ini untuk beragam aktifitas. Tanpa menyematkan fitur RGB tidak lantas membuat pesona Lednya berkurang, yang tentu saja berpengaruh untuk menekan harga penjualan. Berada pada kisaran harga Rp. 1.500.000,- dirasa sangat pantas dengan performa dan fitur yang akan kita dapatkan. Sangat cocok untuk gamers yang ingin mencoba sensasi Mechanical Keyboard, namun tidak ingin tenggelam dalam terjangan hegemoni RGB yang saat ini sedang merebak.

+ Build quality kokoh
+ Performa Cherry MX Red mumpuni
+ Paket penjualan cukup lengkap
+ Fitur berlimpah
+ Dukungan perangkat lunak

- Cukup mahal
- Perangkat lunak tidak user-friendly
- Membutuhkan 2 slot USB
- Desain dan model masih sama dengan versi sebelumnya

Big Thanx to Topik "Jepang" Wardhana yang sudi meminjamkan unit keyboard yang masih bau toko ini untuk direview. Sankyu ma frendz xD

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. This is how my colleague Wesley Virgin's report begins with this SHOCKING AND CONTROVERSIAL VIDEO.

    Wesley was in the army-and shortly after leaving-he discovered hidden, "SELF MIND CONTROL" secrets that the government and others used to get everything they want.

    These are the same methods tons of celebrities (notably those who "became famous out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and famous.

    You probably know how you use less than 10% of your brain.

    That's because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Maybe that expression has even taken place INSIDE your own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around seven years ago, while driving an unlicensed, trash bucket of a car without a driver's license and with $3 on his banking card.

    "I'm very frustrated with living paycheck to paycheck! When will I finally make it?"

    You took part in those conversations, ain't it right?

    Your own success story is going to start. You need to start believing in YOURSELF.

    UNLOCK YOUR SECRET BRAINPOWER

    BalasHapus

Review Keyboard Corsair K70 Lux

Dari sekian banyak varian K70 yang diluncurkan Corsair, kali ini kita kedatangan varian K70 lainnya dengan embel-embel Lux dibelakang...